Selasa, 12 November 2013

PAPAH

"Selamat hari ayah nasional ya pah,, sehat selalu, semoga Allah lindungin papah, bikin papah jadi lebih sabar, lebih sejahtera, dan bikin papah lebih taat sama perintahNya.
Pah ,aku sambil nangis loh nulisnya,, kangen papah.."

Ayah, bapak, babeh, abah, papah, bokap, papi, atau yang lainnya. Itu cuman sebutan buat orang tua laki laki kandung yang jadi subtansi atau hukum kausal kenapa gua bisa ada disini, dibumi sampe hari ini, sampe postingan ini gua tulis.
Gua biasa panggil bokap gua dengan sebutan papah, dari dulu emang begitu, masing-masing keluarga gua yakin punya karakter nya sendiri, yang paling khas ya panggilan dari anak untuk orang tuanya.

12-11-2013, fathers day.

Hari ini, hari ayah nasional. Papah buat gua penting!! Penting bangettt, dan gua sayang banget sama papah. Layaknya sebuah cerita, kisah gua sama papah juga gak selamanya adem ayem. Papah gua itu orang nya keras, tapi lembut. Dan itu nurun ke gua, gua juga keras kepala. Bahkan terkadang gua bisa adu persepsi, kalo ada hal dipersepsi kita beda artiannya. Kalo udah adu pendapat kaya gitu, gak akan ada yang menang atau kalah, soalnya gua sama papah sama sama keras kepala dan ngotot, kalo persepsi gua yang bener, dan kalo udah agak memanas gitu, ada mamah masuk buat misahin, kata mamah “udah ah berisik, papah bener, rangga juga bener, gitu aja dimasalahin”. ,”tapi mah......” nah itu gua yang pasti ngomong. Dan akhirnya gua sebagai anak yang maunya nurut sama orang tua, gua ngalah dan diem, dan bilang “iya deh iya” sambil mata gua berkaca kaca gitu karena kalah mulu sama papah.

Kalo itu yang panas nya, yang ademnya itu selalu gua kangenin saat gua jauh dari papah. Gua suka banget nonton bola di tivi, apalagi kalo indonesia, wedeeewww,, kami berdua tuh nasionalis banget kalo udah ngomongin Indonesia. Semua pekerjaan diberentiin dulu, kalo ada indonesia yang main. Sampe sampe nih ya, kalo gua lagi Ujian dulu disekolah, gua sekeluarga ga boleh ada yang nonton tivi dulu selama Ujian gua belum selesai, tapi kalo Indonesia yang main, gua dibolehin nonton tapi udahannya tetep harus belajar. Dan kalo gak ada Indonesia yang main, ujian gua seminggu lebih, ya selama itu juga tivi gak akan idup dirumah gua.

Terus, gua juga suka nonton film action sama papah, kemarin pas pulang dari salatiga, gua nyiapin film the expendable 1 dan 2, buat ditonton bareng papah. Gua udah mikir, kalo papah pasti belum pernah nonton, soalnya papah tuh idealis realistis dan nasionalis, idealisnya papah itu selalu anggap kebenaran itu ya apa yang dianggap papah bener selain itu salah, realistisnya-papah itu gak pernah yang namanya makan diluar sendiri, motong rambut ke salon, nonton bioskop, ajak gua ke mall gede buat main game, tapi papah selalu mikirin gimana caranya gua , mamah, dan ade gua bisa bahagia dengan hal hal sederhana, dan dengan apa yang udah dia lakuin ke gua.

Sedih banget sore ini inget papah, ditemenin ujan yang turun, gua keinget masa masa dulu, gua gak tau apa apa , gua suka nanya sama papah, “pah itu apaan”, “itu namanya gunung boi”, “gunung koq warnanya biru pah?” ,”sebenernya warnanya bukan biru, tapi ya kaya lapangan aja, digunung juga ada batu, gunung itu tanah yang numpuk jadi satu, terus itu warnanya biru soalnya gunungnya jauh”. “ohh gitu ya pah..” papah senyum.

Gua juga inget gimana dulu gua diajarin shalat, diajarin cara gambar yang bagus, terus diajarin bikin tanda tangan, iya tanda tangan gua itu pemberian dari papah, gua gak peduli orang mau bilang apa tentang semua yang papah kasih buat gua, yang jelas papah itu, papah nomor satu didunia ini, walaupun kita sering bertegang urat syaraf, walaupun gua sering ngecain papah, bikin papah cape, bikin papah sakit, bikin papah harus banting tulang buat ngehidupin gua,  tapi papah selalu dan selalu bisa jadi super duper hero yang nolong gua disaat gua susah.

Gua pengeenn banget bikin papah gua tersenyum bangga sama gua, dan nangis terharu buat gua. Semua senyum papah,  aku inget dan aku tau semua senyum papah punya makna kalo papah bahagia punya anak kaya gua.

Gua pengen ajak papah kapan kapan nonton timnas di GBK Cuma kita berdua yang berangkat, terus ajak papah nonton film action dibioskop dan cuman kita berdua, gua pengen ajak papah naik gunung yang dulu itu warnanya biru, gua pengen ajak papah buat pergi haji, cium hajar aswad, thawaf, sai, wuquf, lempar jumrah, dan ziarah kemakam Nabi Muhammad SAW. Gua janji kalo gua bakalan berusaha sebisa mungkin buat bikin papah sekedar senyum.

Gua kangen papah, gua sayang papah. Pah anak mu yang nakal ini janji, bakalan selesaiin studi aku dan bikin papah mamah sama dede bahagia.

“aku janji pah, gak akan buat papah nyesel udah biayain aku buat sekolah sampe setinggi ini, dan bikin badan papah itu jadi ringkih demi aku.

Gua janji, ,

Papah apa yang udah papah lakuin selama ini, apapun itu pah itu semua pelajaran sekaligus harta buat aku termasuk segala yang papah suka, itu tujuan aku secepet mungkin aku capai, soalnya aku pengen bikin papah bahagia.

Selamat hari ayah nasional ya pah,, sehat selalu, semoga Allah lindungin papah, bikin papah jadi lebih sabar, lebih sejahtera, dan bikin papah lebih taat sama perintahNya.
Pah ,aku sambil nangis loh nulisnya,, kangen papah..


Love you pah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar